Senin, 23 Desember 2013

Momok Obesitas

 
Resiko Buruk Kegemukan Atau Obesitas – Obesitas atau kelebihan berat badan atau yang berhubungan dengan kegemukan merupakan suatu keadaan tubuh dimana terdapat kelebihan lemak tertimbun dalam jaringan bawah kulit. Umumnya penyebab Obesitas diakibatkan oleh pola hidup tidak sehat. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan karena obesitas dapat memicu datangnya berbagai penyakit berat lainnya seperti penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya.

Adapun dampak buruk lainnya bagi kesehatan untuk penderita obesitas atau kelebihan berat badan, diantaranya:

Gangguan Pernapasan
Umumnya pada penderita obesitas itu mengalami sulitnya bernafas  dan nafasnya kadang pendek. Penyebabnya adalah adanya penimbunan lemak di sekitar dada dan leher sehingga mengalami kesulitan dalam mengambil ataupun mengeluarkan udara untuk bernafas.

Permasalahan Pada Kulit
Dampak buruk lainnya adalah pada kulit yang mana hal ini dapat membuat adanya perubahan hormon. Selain itu, lemak berlebihan juga membuat kulit lebih melebar yang akan mennimbulkan garis-garis halus. Di samping itu, lipatan lemak tadi dapat membuat jamur dan bakteri tumbuh subur.

Rasa Nyeri Pada Persendian Lutut
Nyeri pada persendian dan otot kaki kerap di alami oleh penderita obesitas. Hal ini dikarenakan faktor kelebihan berat badan yang dapat menambah beban atau tekanan pada lutut dan pergelangan kaki.

Peningkatan Asam Lambung
Kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan asam lambung  hal ini sangat tidak baik karena jika terjadi maka si penderita akan merasakan sensasi terbakar, rasa sakit dan tekanan di sekitar dada dan leher. Semuanya disebabkan oleh lemak menekan daerah lambung yang membuat asam lambung menjadi naik.

Depresi
Masalah lainnya dari obesitas yaitu memicu depresi dan cenderung lebih mudah stres. Hal ini dikarenakan perasaan rendah diri dan malu yang mendorong orang itu menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Mendengkur Saat Tidur
Mendengkur saat tidur menjadi salah satu resiko dari yang mana dikarenakan jaringan lemak pada tubuh berkontribusi menyebabkan tidur mendengkur dan susah tidur.

Sakit Punggung
Banyak dari penderita obesitas mengeluhkan akan sakit punggung. Hal ini disebabkan penambahan beban tulang belakang oleh penumpukan lemak. Resiko fatal jika berat badan tidak kunjung diturunkan, pada tulang punggung dapat meningkatkan risiko patah tulang dari dalam.

Tekanan Darah Meningkat
Tidak sedikit penderita obesitas yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi yang mana pemicu terjadinya penyakit jantung dan ini merupakan resiko yang paling berbahaya bagi tubuh.

Datang Bulan Tidak Teratur
Pengaruh lainnya adalah datang bulan tidak teratur yang lebih di akibatkan adanya ketidak seimbangan hormon, hal ini juga dipicu oleh obesitas yang membuat kinerja hormon tidak berfungsi dengan normal.

Varises
Varises muncul ketika  melemahnya dinding pembuluh darah sehingga vena melebar. Selain karena faktor keturunan, varises juga disebabkan kelebihan berat badan atau obesitas.
Itulah beberapa penjelasan dari Bahaya Obesitas Penyebab Timbul Banyak Penyakit. Kunci utamnya adalah untuk selalu menjaga pola makan yang sehat serta rajin berolahraga demi kesehatan serta mencegah terjadinya obesitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar